Gosip artis, musik, sinopsis drama, dan film.

Saturday, September 3, 2016

Film Due Date Review (2010)

Semenjak film Chaplin, Sherlock Holmes, dan Iron Man, aku makin gandrung dengan Robert Downey Jr. Beberapa film yang dibintanginya sudah pasti aku akan mengambil popcorn dan duduk manis di kursi untuk menonton. Karena belum menonton film Due Date, aku pasti nongkrong di depan TV untuk menikmatinya.

Film Due Date review (2010) mirip benar dengan film Planes, Trains, and Automobiles (1987).

Secara ringkasan cerita Film Due Date mengisahkan tentang dua orang yang bertemu secara tak terduga dan malah menjadi teman satu perjalanan. Mereka adalah Peter Highman dan Ethan Case. Perjalanan mereka tidak mulus. Mereka menemui banyak halangan dan rintangan yang akhirnya membuat hubungan mereka jadi lebih akrab.

Yang mengecewakan dari Due Date, menurutku, ada di plot ceritanya yang rupa-rupanya mirip benar dengan film Planes, Trains, and Automobiles yang dibintangi Steve Martin dan John Candy.

Plagiatkah?

Well, aku nggak bisa mengatakan apapun dalam hal ini. Namun mari kuberikan sedikit persamaan kedua film ini.

Pertama, genre kedua film ini sama: drama / perjalanan (menurut catatan Wikipedia).

Kedua, karakter kedua film sama: Peter Highman (Robert Downey Jr) dan Neal Page (Steve Martin) sama, yaitu sinis-pemarah-serius. Ethan Chase (Zach Galifianakis) dan Del Griffith (John Candy) sama menyebalkan-sok humoris.

Ketiga, ada dua jenis kendaraan yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari cerita film ini: pesawat dan mobil. Kereta tidak ada di film Due Date.

Keempat, sinopsis film Due Date dan Planes, Trains, and Automobiles mirip. Peter harus pulang ke LA untuk melihat kelahiran putranya, tapi sialnya ia malah bertemu dengan Ethan yang menyebalkan. Mereka jadi teman seperjalanan yang berawal dari musuhan menjadi temanan. Film Planes, Trains, and Automobiles pun demikian. Page harus pulang ke Chicago dalam rangka liburan thanksgiving. Sialnya, ia bertemu dengan Del si penjual cincin korden dan jadi teman seperjalan. Hubungan mereka awalnya saling musuh-musuhan, tapi berakhir menjadi teman.

Itulah film Due Date review dari sudut pandangku. Dari ketiga persamaan yang kusebutkan di atas membuat Due Date kehilangan daya pikatnya. Ia tak lagi lucu, meskipun Downey dan Galafiager telah bermain bagus untuk peran masing-masing.

So, silakan buat pilihan sendiri, apakah Todd Phillils memplagiat film ini atau sekadar "terinspirasi". Semua kembali pada kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Film Due Date Review (2010)

0 komentar:

Post a Comment